Total Tayangan Halaman

Senin, 02 Februari 2015

PROFIL RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) PAMEUNGPEUK

Pembangunan kesehatan merupakan bagian integral dari pembangunan nasional, untuk mewujudkan masyarakat yang maju, mandiri, sejahtera lahir dan batin.
Keberhasilan pembangunan kesehatan ditandai oleh semakin neningkatnya derajat kesehatan masyarakat, mutu pelayanan yang prima, sarana dan prasana yang memadai serta berperilaku hidup sehat.
Visi pembangunan kesehatan Kabupaten Garut disusun mengacu pada Visi dan Misi Kabupaten Garutberdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kabupaten Garut, tahun 2014-2019 yaitu " Terwujudnya Kabupaten Garut Yang Bermartabat, Nyaman dan Sejahtera". ­adalah Akselerasi Pembangunan Kesehatan Guna Meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia Tahun 2019, dimana masyarakat Kabupaten Garut pada tahun 2019 yang  penduduknya hidup dalam lingkungan dan dengan perilaku hidup bersih dan sehat, memiliki kemampuan untuk menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu secara adil dan merata, serta memiliki derajat kesehatan yang optimal, sehingga indeks pembangunan manusia. meningkat.
Misi pembangunan kesehatan diarahkan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sebagai upaya untuk meningkatkan akselerasi penecapaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) melalui kegiatan :
1.      Menggerakkan pembangunan berkelanjutan yang berwawasan kesehatan
·        Mengupayakan agar wawasan kesehatan merupakan asas pokok dalam melaksanakan program pembangunan di Kabupaten Garut.
·        Seluruh jajaran kesehatan di Kabupaten Garut harus berperan sebagai penggerak utama pembangunan berwawasan kesehatan
·        Mengupayakan agar para penyelenggara pembangunan di Kabupaten Garut harus memasukkan pertimbangan-pertimbangan kesehatan dalam semua kebijakan pembangunannya.
2.      Melihara kesehatan individu, keluarga, dan masyarakat beserta lingkungannya Agar masyarakat dan lingkungan di Kabupaten Garut dapat terpelihara dan meningkat status kesehatannya.
Penyelenggaraan upaya kesehatan harus diutamakan pada kegiatan yang bersifat preventif dan promotif yang didukung oleh kegiatan yang bersifat kuratif dan rehabilitatif.
3.      Memberdayakan masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat. Agar masyarakat di Kabupaten Garut secara mandiri. dapat mengembangkan pernahaman dan kepeduliannya serta tergerak untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat
4.      Menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang bermutu, adil, dan merata. Menjamin tersedianya pelayanan kesehatan yang bermutu, adil, dan merata serta terjangkau dengan mengikutsertakan peran serta masyarakat termasuk sektor swasta.
5.      Mengembangkan manajemen kesehatan yang didukung perencanaan kesehatan berdasarkan fakta dengan sumberdaya kesehatan berkualitas agar terwujud manajemen kesehatan yang berkualitas yang didukung perencanaan berdasarkan fakta sesuaidengan kondisi di Kabupaten Garut, sehingga menghasilkan program dan upaya-upaya pemecahan masalah yang bersifat lokal spesifik.
Salah satu upaya yang penting dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan adalah penyediaan sarana dan prasarana kesehatan yang bermutu untuk menunjang berbagai upaya pelayanan kesehatan baik pada tingkat individu, keluarga maupun masyarakat.
Kegiatan pembangunan diutamakan pada peningkatan sarana dan prasarana serta kemampuan pelayanan kesehatan rujukan seperti pembangunan lanjutan RS Pameungpeuk.
Di sisi lain pesatnya laju pembangunan khususnya pembangunan kesehatan akan berdampak terhadap besarnya tuntutan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik dan optimal.
Untuk mengantisipasi semakin besarnya tuntutan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan khususnya di Wilayah Garut bagian selatan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Garut Bidang Kesehatan tahun 2011 salah satunya sebagai prioritas telah tertera diantaranya Pembangunan Lanjutan RS Pameungpeuk.

1.2   GAMBARAN UMUM
1.2.1       Analisis Situasi Geografis dan Demografis
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pameungpeuk berlokasi di jalan raya Miramareu No.99 Tlp. (0262)521133521199 Pameungpeuk Kabupaten Garut Kode POS 44175, email : rsudpameungpeuk@gmail.com.  
Adapun batas lahan yang dimiliki RSUD Pameungpeuk :
Ø Sebelah Utara                        : Tanah Desa Sirnabakti
Ø Sebelah Selatan                     : Jalan Raya Miramareu
Ø Sebelah Timur                        : Pesantren Al-Manar
Ø Sebelah Barat                        : Perum Wanikari
Luas lahan RSUD Pameungpeuk ±3 Ha yang dapat dijangkau oleh masyarakat dari 16 (enam belas) Kecamatan sekitar yaitu Kecamatan:
1.      Pameungpeuk
2.      Cibalong
3.      Cikelet
4.      Cisompet
5.      Bungbulang
6.      Mekarmukti
7.      Caringin
8.      Cisewu
9.      Talegong
10. Cisandaan
11. Sindangratu/Pakenjeng
12. Cihurip
13. Peundeuy
14. Singajaya
15. Banjarwangi
16. Cikajang

Untuk jumlah Penduduk dalam wilayah kerja RSUD Pameungpeuk dari 16 (enam belas) Kecamatan tersebut yaitu         : ± 507.089 Jiwa.
·        Penduduk Perempuan                                   : ± 251.413 Jiwa
·        Penduduk Laki-Laki                                        : ± 255.676 Jiwa
Selain 16 (enam belas) kecamatan yang berada di Kabupaten Garut Selatan, RSUD Pameungpeuk memiliki wilayah kerja tambahan dari kecamatan dan kabupaten tetangga yaitu kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya dan Kecamatan Cidaun Kabupaten Cianjur.
Dari 16 (enam belas) Kecamatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pameungpeuk memiliki wilayah kerja 18 (delapan belas) puskesmas yaitu :
Ø  5 (lima) Puskesmas DTP yaitu : Puskesmas DTP Pameungpeuk, Puskesmas DTP Singajaya, Puskesmas DTP Cikajang, Puskesmas Bungbulang, dan puskesmas cisewu.
·      13 (tiga belas) Puskesmas non DTP yaitu : Puskesmas Cibalong, Cikelet, Cisompet, mekarmukti, Caringin, Talegong, Cisandaan, Sindangratu, Cihurip, Pendeuy, dan banjarwangi, maroko serta memiliki 70 (tujuh puluh) Puskesmas Pembantu yang tersebar di 18 (delapan belas) Puskemas tersebut.
GAMBAR 1.1
PETA WILAYAH KABUPATEN GARUTc
MENURUT WILAYAH KERJA RUMAH SAKIT PAMEUNGPEUK


















1.3  VISI dan MISI RSUD PAMEUNGPEUK
1.3.1       Visi Rsud Pameungpeuk
Menjadi Rumah Sakit Unggulan di jawa Barat Selatan yang Terjangkau, Nyaman, dan Mandiri dengan Pelayanan Prima pada tahun 2019.
1.3.2       Misi RSUD Pameungpeuk
a.      Melengkapi sarana dan prasarana rumah sakit
b.      Meningkatkan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia (SDM) sehingga mampu melaksanakan pelayanan yang profesional dan optimal.
c.       Melengkapi berbagai jenis pelayanan spesialistik.
d.      Meningkatkan kualitas pelayanan kesehatandan memenuhi akreditas rumah sakit sehingga memberikan rasa aman dan nyaman bagi pelanggan dan stake holder.
e.      Menjalin Kerjasama dengan pelayanan kesehatan disekitar Rumah Sakit.
f.        Melengkapi manajemen dan meningkatkan kesejahteraan pegawai rumah sakit.

1.4  Strategi
1.4.1.1  Jangka Panjang
·         Sosialisasi, Advokasi dan Promosi
·         Meningkatkan peran serta masyarakat mengembangkan RSUD Pameungpeuk
·         Melakukan kerjasama dengan instansipemerintah, badan atau pelaku bisnislainnya  untuk mencapai tujuan rumah sakit Optimalisasi seluruh sumberdaya untuk pelayanan kesehatan masyarakat.
1.4.1.2  Jangka Pendek
·      Melengkapi jenis pelayanan serta sarana dan prasarana rumah sakit.
·      Memenuhi kebutuhan SDM yang bermutu dan tepat guna
·      Melaksanakan Managemen rumah sakit yang akuntable
·      Peningkatan Status rumah sakit untuk optimalisasi pelayanan kesehatan kepada masyarakat

1.5  Motto
Kita Bisa, Harus Bisa, Pasti Bisa

1.6  Ikrar RSUD Pameungpeuk
1.      Memberikan pelayanan secara professional, ramah, ikhlas bermutu dan antusias
2.      Melayani pelanggan dengan senyum, salam, sapa, sopan santun dan bantu
3.      Mengutamakan kepuasan pelanggan
4.      Menerapkan standar kerja tinggi aman dan inovatif dengan mengacu pada pola epektif dan efisien
5.      Mematuhi semua peraturan rumah sakit taat azas dan dapat dipertanggung jawabkan



1.7  Logo RSUD Pameungpeuk
1.7.1       Makna logo RSUD Pameungpeuk
1.      Bentuk tangan yang bersalaman atau menggenggam tangan yang lainnya member kesan kepedulian, hangat dan siap memberikan pertolongan kepada siapa saja dan senantiasa menghargai,  menghormati dan menjujung tinggi klien.
2.      Bentuk tangan yang bersalaman juga member makna kesatuan dan kerjasama yang erat antar unit dan Sumber daya manusia di RSUD Pameungpeuk
3.      Kemudian bentuk tangan ini digabungkan kedalam tanda tambah atau palang, sesuai dengan lambang kesehatan sebagai ciri khas rumah sakit yang terkesan melindungi, memberikan pertolongan yang professional sesuai keilmuan, cepat dan tepat
4.      Bentuk visualnya bergelombang mengandung unsure geografi, dimana RSUD Pameungpeuk berada, dan lokasinya dekat daerah pantai, Bentuk gelombang memiliki makna menyerupai air pantai atau ombak yang selalu bergulir dan berputar terus menerus kesisi pantai, sesuai dengan kondisi  RSUD Pameungpeuk yang terus berkembang, berputar secara berkelanjutan untuk mencapai visinya seperti halnya dinamika kerja di RSUD Pamengpeuk.
5.      Sudut-sudutnya dibuat melengkung untuk menciptakan kesan ramah dan tidak kaku.       
1.7.2        PeWarnaan Dalam Logo
Konsep pada branding RSUD Pameungpeuk ini pada logo mengambil warna biru dan orange kekuningan. Dipakai dua warna karena ingin membedakan bentuk satu dengan bentuk lainnya. Warna kuning terletak diatas agar terasa lebih ringan dibandingkan warna biru.
1.      Warna biru melambangkan kebersihan, ketenangan dan pilihan tepat untuk area yang membutuhkan konsentrasi atau suasana meditasi. Warna kesejukan dan ketenangan yang menunjukan suasana dan pelayanan yang ditawarkan RSUD Pameungpeuk.
2.      Warna orange kekuningan diambil dari unsure geografinya karena daerah Pameungpeuk merupakan daerah pantai yang panas. Warna Orange atau kuning merupakan warna.
3.      Energi matahari yang menghangatkan. Warna orange juga merupakan lambing persahabatan. Warna ini dapat memecahkan kekakuan dan menciptakan rasa akrab.
Warna dasar putih mempunyai makna melambangkan suci/kesucian niat RSUD Pameungpeuk dalam memberikan pelayanan kepada penderita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar