Total Tayangan Halaman

Kamis, 07 April 2016

Workshop Tentang Penanganan Limbah Rumah Sakit di RSUD Pameungpeuk Provinsi Jawa Barat

Workshop Tentang 
Penanganan Limbah Rumah Sakit di RSUD Pameungpeuk Provinsi Jawa Barat

Rumah sakit merupakan salah satu upaya peningkatan kesehatan yang terdiri dari balai pengobatan dan tempat praktik dokter yang juga ditunjang oleh unit-unit pendukung lainnya, seperti ruang operasi, laboratorium, farmasi, administrasi, dapur, laundry, pengolahan sampah dan limbah, serta penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan. Selain membawa dampak positif bagi masyarakat, rumah sakit juga memiliki kemungkinan membawa dampak negatif. Dampak negatifnya dapat berupa pencemaran dari suatu proses kegiatan, yaitu bila limbah yang dihasilkan tidak dikelola dengan baik.

Dalam pengolahan limbah Rumah sakit tidak hanya menghasilkan limbah organik dan anorganik, tetapi juga limbah infeksius yang mengandung bahan beracun berbahaya (B3). Dari keseluruhan limbah rumah sakit, sekitar 10 sampai 15 persen di antaranya merupakan limbah infeksius yang mengandung logam berat, antara lain mercuri (Hg). Sekitar 40 % lainnya adalah limbah organik yang berasal dari sisa makan, baik dari pasien dan keluarga pasien maupun dapur gizi.Sisanya merupakan limbah anorganik dalam bentuk botol bekas infus dan plastik.

Oleh karena itu perlu diadakannya workshop Tentang Penanganan Limbah Rumah Sakit di RSUD Pameungpeuk Provinsi Jawa Barat yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang peraturan-peraturan pemerintah yang berkaitan dengan pengelolaan limbah B3, mampu mengidentifikasi jenis limbah B3 berdasarkan karakteristiknya sesuai dengan peraturan perundangan limbah B3 yang berlaku, pengelolaan, keselamatan dan keamanan limbah serta sebagai forum diskusi bagi para peserta sehingga tujuan akhir dari pengelolaan limbah dapat tercapai yaitu penyehatan lingkungan di rumah sakit yang bertujuan untuk melindungi masyarakat dari bahaya pencemaran lingkungan yang bersumber dari limbah rumah sakit









Tidak ada komentar:

Posting Komentar